Total Tayangan Halaman

Minggu, 03 Oktober 2010

Seni Membuat Kesalahan

Hal pertama yang terjadi setelah kita membuat kesalahan adalah kita bingung dan marah,pada saat marah kita menjadi salah satu karakter berikut ini;
1.Si Pembohong:Bukan,bukan aku yg melakukan atau aku nggak tahu bagaimana itu terjadi...
2.Si Pencari kambing hitam:si dia ini biasanya bilang seperti ini,"itu salahmu sendiri,bukan salahku..atau "maksud kamu tidak jelas sih"..atau seandainya dulu kamu tidak melakukan itu.."
3.Si Pembenar diri sendiri:org seperti ini,biasa bilang.."Ya maklumlah,pendidikanku cuman segitu,jadi mau gimana lagi."..atau "aku pasti berhasil,jika waktuku lebih banyak lagi." Atau.."Semua org toh melakukan kesalahan yg sama.."..
4.Si Pecundang:..kata2nya adalah.."Sudah kubilang,pasti kamu tidak akan berhasil..."Ini sulit dan mustahil dikerjakan...buat apa susah2..
5.Si Tukang Ingkar:org yg suka mengubur kesalahannya...org yg ingkar bhwa ia telah membuat kesalahan..kata2nya..nggak,nggak..semua beres,nggak ada yg keliru...semua pasti beres..

Ketika kita marah dan bertanya2 tentang suatu kesalahan,watak2 di atas akan menguasai jiwa dan raga kita..
Jika kita pelajari bahwa banyak dari kita akan mengatakan.."Bahwa aku tidak bakal mengulanginya lagi,barangkali yg kita pelajari belum banyak..
Lebih baik kita belajar tentang apapun dari kegagalan daripada kesuksesan,saya telah gembira saya gagal dan waktu untuk belajar..
Daripada takut untuk gagal,membuat kesalahan adalah cara kita untuk mendapatkan pelajaran..
Jika kita gagal membuat kesalahan atau membuat kesalahan dan tidak belajar dari kesalahan itu mka hidup kehilangan keajaiban dan hikmah..hidup berjalan mundur dan menciut,bukannya membesar dan penuh keajaiban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar