Total Tayangan Halaman

Minggu, 03 Oktober 2010

..Pahlawan sejati di mata hati....

Sebenarnya tidak ada kesan yang bagus,saat melihatnya pertama kali,yang jelas saya tertarik melihat sosoknya,atau mungkin hanya sebatas rasa rindu saya terhadap ayahku yang telah tiada.Pada giginya yang sudah ompong semua,pada bentuk fisiknya yang agak bungkuk tapi tetap kelihatan perkasa.
Karmain,nama saya,dengan masker las di atas rambutnya,dia seperti mengingatkanku pada film-film lama,tentang brando,tentang paul newman yang beranjak menua tapi tetap semangat menghadapi keras dunia.
Dulu bekas Serka KKO,sambil bernyanyi dia bilang....KKO klambine ijo-ijo,nek mulih bojone loro...tapi dia menyanggah sendiri...nek aku ora loro,mas....dalam hati saya tertawa...tiba-tiba saja,saya merasa semakin akrab,semakin tua usia seseorang,biasanya semakin susah diajak bercanda....tapi kakek satu ini lain,
Berbagai perang telah saya lewati,mas...dia tetap memanggil saya mas....dengan sikap seperti seorang teman lama....dari pemberontakan madiun,dari pengganyangan malaysia,dari berbagai pemberontakan petualang-petualang militer...tapi dia tetap bersedia ditempatkan dimanapun dan kapanpun kapan negara memanggil....ahh..tiba-tiba saja saya merasa tak berdaya...tanpa dia bicara tentang keharusan bela negara,tanpa filsafat benar atau salah tetap negara saya...dia tanpa sadar mengajari saya...
Bukan karena dia masuk tentara,bukan karena dia orang yang kalah dari suatu perjuangan...tapi memang dia cinta terhadap tanah air ini....bahwa udara yang dia hirup,bahwa nasi dia makan,bahwa air yang dia minum,semua berasal dari bumi ini...
Benar2 kulo mboten pamrih,mas....uang hasil pensiun saya dirikan bengkel ini,tiba-tiba saja teringat para jendral-jendral disana.dengan rekening yang raksasa,bahkan saya tidak yakin mereka sempat bertempur di baris depan,untuk sesuatu yang mereka sebut.."negara kesatuan republik indonesia.."
Anak2 bapak ini berhasil semua,hanya satu yang buka usaha mirip bapaknya...di dekat lokasi tersebut....tiba-tiba saja,saya merasa lebih tua dari bapak ini....bapak adalah pengejawantahan dari kerja adalah cinta,tiba-tiba saja buyar semua teori tentang otak kanan dan otak kiri....
Kita bisa belajar tentang hal-hal besar dari orang-orang yang dianggap kecil,ternyata....
Pahlawan-pahlawan memang hanya ada di buku-buku sejarah...tapi pahlawan sejati hanya ada di mata hati.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar